Monday, May 04, 2009

Logs go to Factories at Riau - Indonesia

Sepanjang perjalanan saya banyak menemui truk2 pengangkut kayu gelondongan. Melihat banyaknya kayu dan truck pengangkutnya yang hilir mudik disana, saya sempat terhenyak dan bertanya2 dari mana asal kayu2 tersebut dan akan dibawa kemana kayu2 tersebut. Setelah diberitahu bahwa di riau ada beberapa pabrik pembuat kertas akhirnya saya sadar bahwa beberapa kondisi alam kita harus di korbankan dmi menjalankan roda ekonomi. Namun hati saya sedikit tenang setelah diberitahu kembali bahwa pihak perusahaan juga berkewajiban menanam kembali pohon yang telah ditebang. Pertanyaan lain muncul dibenak saya bagaimana dengan waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh sebesar potongan2 yang dipotong saat ini. Menurut saya waktu yang dibutuhkan adalah cukup lama dan tidak seimbang dengan pengambilan seperti saat ini atau mungkin bisa saja jika menggunakan area yang sangat luas sekali. Itu artinya sebagian besar areal dipulau ini akan ditebang dan ditanam kembali. Sebelumnya jika saya melihat dari pesawat ternyata konversi lahan menjadi kebun kelapa sawit juga sangatlah besar.


No comments:

Post a Comment